STRATEGY CATUR




Sudahkah anda mengenal DASAR PRINSIP-PRINSIP CATUR berikut ini ?


  1. Kontrolah petak Pusat
    Paling utama petak d4,e4,d5 dan e5. Biasanya lalu lintas harus melangkah melalui petak pusat. Kontrol petak pusat, dan biasanya anda akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk menjalankan rencana anda dibandingkan lawan anda, karena buah anda akan mempunyai mempunyai jangkauan dan kekuatan lebih banyak dari petak pusat.
  2. Tempatkan satu Pion atau lebih di petak pusat.
    Hal ini akan membantu tujuan diatas, salah satu cara mengontrol petak pusat adalah dengan mendudukinya, dan pion adalah buah paling sulit untuk diusir.
  3. Mulai dengan melangkahkan pion pusat 2 petak kedepan.
    Ini menduduki dan mengontrol pusat, sementara membuka jalur untuk perwira anda untuk ikut andil dalam permainan ( dalam ungkapan catur, dikatakan perwira "berkembang " ketika dibawa ke medan permainan). Ini membuat pion samping (atau "sayap") anda menyatu sehingga raja punya tempat aman untuk rokade pada tahap berikutnya. Hal ini ditulis karena biasanya pembuakaan pion-pusat mudah untuk dimainkan dan dimengerti. Pemain pemula harus paham dengan hal ini. Ini bukan berarti pembukaan pion sayap jelek, namun untuk pecatur pemula kurang bagus.

Tahukah anda.....?